BENARKAH VITILIGO ADALAH PENYAKIT YANG TIDAK BISA DISEMBUHKAN?

BENARKAH VITILIGO ADALAH PENYAKIT YANG TIDAK BISA DISEMBUHKAN?
BENARKAH VITILIGO ADALAH PENYAKIT YANG TIDAK BISA DISEMBUHKAN?

Vitiligo adalah – Memiliki gangguan kesehatan adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Dengan adanya gangguan kesehatan, banyak hal yang terlewati begitu saja; banyak hal yang hilang begitu saja. Kesempatan, tenaga, uang, hingga waktu, adalah halyang akan hilang saat kita memiliki gangguan kesehatan. 

Berbicara mengenai gangguan kesehatan, jumlahnya semakin hari semakin mengkhawatirkan. Sekarang kita bisa menjumpai aneka  gangguan kesehatan yang menyerang setiap organ dalam maupun luar. 

Vitiligo merupakan satu dari sekian gangguan kesehatan yang menyerang organ luar, khususnya kulit. 

Dikutip dari alodokter.com, vitiligo adalah gangguan kesehatan dimana penderitanya memiliki kulit yang memudar. Biasanya, selain kulit, penderita juga akan mendapatkan pemudaran pada beberapa area lain; sebut saja mulut, mata, atau rambut. 

MENGENAL LEBIH JAUH; APAKAH VITILIGO ADALAH PENYAKIT TURUNAN? 

Dikutip dari hellosehat.com vitiligo biasanya terjadi dan mengganggu pigmen pada tubuh. Karenanya, pada beberapa kasus, penderita vitiligo akan mengalmi pemudaran warna organ luar seperti kulit, rambut, bibir, bahkan mata. 

Lebih lanjut, dijelaskan pula bahwa orang normal, pigmen warna akan terus diproduksi sehingga warna suatu organ cenderung tetap dan sama. 

Hal lain akan terjadi pada penderita gangguan kesehatan ini. Pada penderita vitiligo, pigmen warna akan berhenti diproduksi. Hasilnya, penderita mengalami pemudaran pada beberapa area tubuh. Pemudaran berlangsung pada waktu yang lama dan berkelanjutan, dimulai dari area kecil hingga kemudian membesar dan membuat beberapa belang di area tubuh. 

Pada beberapa kasus, penyebab vitiligo adalah kelainan genetik yang diturunkan. Dengan kata lain, penyakit ini adalah penyakit turunan. 

Lantas, apakah seorang anak dengan ayah penderita vitiligo akan pasti mengalami hal yang sama? Sulit untuk menjawab hal ini. Akan tetapi, menghindari tindakan beresiko dan penyebab vitiligo bisa jadi cara untuk mengurangi resiko vitiligo.Walau harus diakui juga bahwa faktor turunan adalah faktor yang paling besar. 

APAKAH VITILIGO ADALAH PENYAKIT YANG SULIT DIKETAHUI GEJALA DAN CIRINYA? 

Bisa dikatakan kalau vitiligo merupan penyakit yang mencolok. Maksudnya, penderita memiliki gejala yang mudah terlihat. Dengannya, penderita bisa melakukan tindakan awal untuk mengurangi resiko terdampak yang lebih besar. 

Vitiligo sendiri memiliki beberapa gejala yang mudah dikenali. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah: 

  1. Hilangnya pigmen warna pada rambut dan bulu 

Penderita vitiligo awal akan mendapati gangguan pigmen pada bulu dan rambut mereka. Mereka akan mendapati rambut mereka  memutih seperti uban. Sekilas mungkin akan sulit dikenali karena dianggap sebagai uban biasa. Tapi, pada perkembangannya, gejala akan sangat mencolok karena pemudaran pigmen berlangsung masih dan mencolok.

  1. Hilangnya pigmen pada beberapa area tubuh yang tertutup 

Pada beberapa kasus penderita vitiligo, gejala akan timbul dengan hilangnya beberapa pigmen warna di bagian mulut, hidung, dan area kelamin. Hilangnya pigmen ini biasanya diawali dengan bercak dan membesar hingga terkesan seperti warna kulit yang memudar. 

  1. Mengalami nyeri dan gatal pada area pigmen yang pudar 

Pada kasus-kasus tertentu penderita akan mengalami nyeri dan gatal pada area pigmen yang memudar. Rasa nyeri dan tidak nyaman ini umumnya timbul setelah pigmen warna pada area kulit kian membesar. 

  1. Timbul ruam setelah terpapar sinar matahari langsung 

Bisa dibilang ini adalah gejala awal yang mudah dikenali. Jika Anda terpapar sinar matahari langsung dan mengalami ruam, besar kemungkinan Anda memiliki vitiligo. Untuk mendiagnosisnya, Anda dianjurkan untuk menghubungi dokter dan pihak medis. Vitiligo adalah penyakit yang sangat mencolok. Penderita penyakit ini akan memiliki bercak dan belang yang terus membesar hingga ke seluruh area tubuh.